jump to navigation

DIBUKA: SARJANA GIZI February 8, 2008

Posted by fkmui in info.
trackback

Mulai tahun akademik 2008/2009, Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat FKMUI membuka Program Studi SARJANA GIZI. Program ini sudah mendapat persetujuan pembukaan dari MWA UI dengan surat No. 191/MWA-UI/2007

Tenaga sarjana gizi yang mampu mengelola program gizi dan kesehatan baik di bidang institusi maupun masyarakat mulai dari perencanaan hingga evaluasi dan dilandasi pemahaman teoritis yang kuat akan berperan dalam mengatasi masalah gizi yang berarti juga meningkatkan indeks Pembangunan Manusia Indonesia.

Lulusan program ini bergelar Sarjana Gizi (S.Gz). Gelar ini sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dari lulusan yaitu kemampuan untuk:

  1. Menguasai dasar dasar ilmiah, substansi dan ketrampilan dalam bidang gizi sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah gizi
  2. Menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan di bidang gizi dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat yang sesuai dengan tata kehidupan bersama
  3. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang gizi sesuai dengan bakatnya dengan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat
  4. Berkarya di bidang gizi
  5. Membangun kehidupan di masyarakat yang bermoral dan beretika

Penyelenggaraan perkuliahan dengan sistem kredit semester (SKS) dengan bobot total sebesar 144 SKS (mengacu pada kurikulum organisasi) dengan kurikulum sbb:

  1. Kelompok Biomedik
  2. Kelompok Ilmu Pangan
  3. Kelompok Ilmu Gizi
  4. Kelompok Ilmu Sosial
  5. Kelompok Ilmu Kesehatan Masyarakat
  6. Kelompok Riset

Lulusan Sarjana Gizi dapat bekerja di pelbagai bidang seperti: Perencana program pangan dan gizi di lembaga swadaya masyarakat, Internasional, NGO, puskesmas, dinas kesehatan kota, kabupaten dan propinsi, peneliti di lembaga penelitian gizi dan kesehatan, staf pengajar di institusi pendidikan pemerintah dan swasta, konsultan dan ahli gizi di bidang industri pangan dan jasa makanan, termasuk catering, rumah sakit maupun klinik.

Syarat pendaftaran untuk jalur SPMB/PPKB dapat dilihat pada pengumuman Ujian SPMB dan PPKB oleh DepDikNas. Bulan-bulan penting untuk jalur ini dapat dilihat juga pada pengumuman SPMB/PPKB.

Perkuliahan dimulai pada bulan September 2008

Biaya pendidikan:

  • Biaya Pendaftaran

Sesuai dengan biaya ujian masuk SPMB

  • Biaya Awal Kuliah (dibayarkan satu kali selama kuliah)
  1. Uang pangkal Rp 10.000.000,-
  2. DPP* Rp 600.000,-
  • Biaya Kuliah per Semester
  1. BOP** Rp 1.475.000,-
  2. DKFM*** Rp 100.000,-

Keterangan:

*) Dana Pelengkap Pendidikan

**) Biaya Operasional Pendidikan

***) Dana Kesejahteraan dan Fasilitas Mahasiswa

About these ads

Comments»

1. fkmui - February 15, 2008

Jalur ekstensi ada peminatan gizi kesmas, tapi nanti gelarnya hanya SKM ya tea. Kalau sarjana gizi dari program reguler baru akan mendapatkan gelar S.Gz :)

2. fkmui - April 8, 2008

untuk program sarjana gizi yang baru saja kami buka ini adalah program studi Sarjana 4 tahun, buka D4 ya sayang….cukup sekian saja. Ayooo daftar…mumpung baru loh…

3. fkmui - April 14, 2008

dear putri,

jurusan sarjana gizi memang hanya melalui jalur spmb saja, tapi kami juga punya sarjana ekstensi peminatan gizi yang diperuntukkan bagi lulusan DIII yang ingin melanjutkan jenjang sarjananya. Jadi kalau putri lulusan SMA memang jalur masuknya hanya melalui spmb…ok, cukup dimengerti ya??

4. fkmui - May 12, 2008

ya ajeng…

program sarjana gizi untuk jenjang S1 melalui jalur SPMB :)

5. fkmui - May 12, 2008

dear syarifah,

jika nanti syarifah telah diterima di FKMUI, akan banyak penawaran beasiswa disini dari berbagai instansi, meskipun beberapa beasiswa mengajukan persyaratan yang cukup berat, tapi patut dicoba! untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi unit mahalum FKMUI 021 7864979

pesan kami, jangan putus asa yaaa

good luck!

6. fkmui - May 15, 2008

dear syarifah,

Iya, benar sekali semua biaya harus dibayar lunas karena langsung masuk ke rekening UI. hanya itu saja yang wajib dibayarkan setiap semesternya.

thanks

7. fkmui - May 19, 2008

dear pambudi,

kurikulum lengkap tidak dapat dipublikasikan secara lengkap disini, hanya mahasiswa saja yang nantinya mendapatkan kurikulum dan silabus lengkapnya. harap maklum yaaa

8. fkmui - May 21, 2008

dear dita,

Ya, sarjana gizi dapat diambil melalui jalur UMB juga, informasi selengkapnya bisa dilihat di website UI http://www.ui.edu yaaa…
Karena baru tahun ini kami membuka program studi sarjana gizi, jadi belum diakreditasi dong…statusnya diakui oleh UI, terlebih ijazahnya nanti akan dikeluarkan oleh UI juga. Don’t worry yaaaa….
caiyoooooo

9. fkmui - May 21, 2008

dear ria,

memang program studi ekstensi diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang telah lulus dari program diplomanya (DIII), jadi langsung saja daftar yaaa (online melalui http://penerimaan.ui.edu)

10. fkmui - May 21, 2008

dear ria (menambahkan),

menjawab pertanyaan sebelumnya, sebenarnya kita lebih dulu punya jalur ekstensi peminatan gizi kesmas loh, jauh lebih dulu dari UGM. Tapi untuk sarjana gizi (nanti gelarnya S.Gz) memang baru tahun ini kami buka. Harap maklum adanya yaaa…

11. fkmui - May 30, 2008

dear putri,

wah, kalo ditanya itu semua tergantung mba putri ya…kalau ingin mengambil kesmas, peminatannya nanti bisa ditentukan pada waktu semester 2 tapi jika dari awal sudah mengambil program studi gizi artinya mba putri tidak dapat lagi berpindah ke peminatan lain. good luck ya umb-nya!

12. fkmui - May 30, 2008

dear rizky,

untuk besaran BOPnya akan ada mekanisme penentuan besaran BOP mahasiswa yang sudah diterima menjadi mahasiswa UI, nah baiknya rizky lihat deh di website ui http://www.ui.edu, masuk/klik ke menu “informasi penerimaan mahasiswa baru” kemudian di bawah tabel biaya pendidikan klik lagi keputusan rektor UI ttg mekanisme penetapan BOP, nah..baca dengan seksama dulu yaaaa..

13. fkmui - May 30, 2008

dear shela,

untuk mengetahui jalur penerimaan mahasiswa baru dapat langsung dilihat di website UI ya http://www.ui.edu

good luck anyway!

14. fkmui - June 23, 2008

dear mba nini,

Program sarjana gizi dimasuki melalui jalur SPMB/PPKB saja, tentu saja formulir pendaftarannya tidak ada di dalam website pendaftaran. Begitu yaaa…

15. dnd - June 23, 2008

hai mba
mau tanya..
nanti lulusannya sarjana gizi udah pasti diakui ngga ya?
trus pekerjaan yg bisa kta dpt apa ya misalnya?
harap dibalas.
karena saya udah dpt sarjana gizi tapi saya msh bingung kedepannya. thx.

16. smoga jadi anak UI tahun ini - June 24, 2008

Loh, kog GIZI uang pangkalnya 10.000.000 sih kak? Bukannya gizi masuk FKM yang 5.000.000?
Tolong segera d reply ya kak. .

17. hmhm - June 27, 2008

mbak, uang pangkalnya beneran 10.000.000?? bukannya sama kayak FKM yang 5.000.000? soalnya saya lihad di pengumuman penerimaan UI di koran, untuk FKM 5.000.000. gizi kan msuk FKM ya mbak?

18. Daniel - July 12, 2008

dear mbak,
Sy pns d III gizi Batam, ada ndak jalur khusus buat kita2 pns ?
Kalau melalui tugas belajar & ijin belajar kayaknya belum cukup masa dinas tuh, Ekstension atau konversi kapan dibuka mbak?

tolong balas ya. tk

19. VIVI - July 19, 2008

permisi ..
kak,,
ffakk gizi ii masuk di FFKM atau FG ??
peuang masuk di jalur ppkb gmn ka’ ?
tolong bales ia ,,
saya pengen di gizi nih taun depan ..

20. fkmui - December 15, 2008

@Daniel:
Jalur khusus PNS belum ada Pak Daniel, jadi semua harus mengikuti proses yang sama. Info tentang jadwal pendaftaran bisa di klik di http://penerimaan.ui.edu

@Vivi:
Gizi Kesehatan Masyarakat bukanlah sebuah fakultas, melainkan sebuah Program Studi di bawah Fakultas Kesehatan Masyarakat. Jadi nanti Vivi pilih FKM – Gizi Kesmas

@Ahmad
Program Studi Gizi Kesmas merupakan program studi yang baru dibuka pada tahun 2008 sehingga belum terakreditasi. Untuk sementara program studi ini hanya untuk S1 Reguler. Namun demikian, sebelum akhirnya menjadi sebuah program studi, Gizi Kesmas telah lama menjadi salah satu peminatan/jurusan di FKM UI baik untuk jenjang S1 REguler, S1 Ekstensi, maupun S2 dengan Akreditasi A hingga sekarang. Sehingga Mas Ahmad tidak perlu khawatir dengan staf pengajar, fasiltas belajar seperti lab dsb, dan lainnya karena FKM UI merupakan fakultas kesehatan masyarakat terbesar se- Asia Tenggara.

@Finta
UI tidak menerima mahasiswa pindahan, sehingga Finta harus mengikuti ujian seleksi bila mau masuk UI

@Laksmi
Jalur masuk PS Gizi adalah SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) ditambah SNMPTN, PPKB, KSDI bagi lulusan SMA. Info tentang jadwal pendaftaran bisa dilihat di http://penerimaan.ui.edu

@Tami
Silakan hubungu Departemen Gizi FKM UI di nomor 021-7863502 untuk informasi lebih lanjut ttg PS Gizi Kesmas

@Asti
PS Gizi memang baru dibuka untuk lulusan SMA sementara ini. Tapi bagi lulusan D3, Mba Asti bisa masuk Sarjana Ekstensi dan mengambil pemintan Gizi Kesmas

@Izzati
Maaf ya kalau terlalu lama menunggu, karena memang harus antri menjawabnya ^_^
Untuk perkuliahan, bila terdapat mata kuliah yang sama maka kuliah antara S1 REguler dan Ekstensi digabung. Mengenai berapa lama waktu yang ditempuh untuk menyelesaikan Program Sarjana Ekstensi, itu sangat tergantung dari latar belakan pendidikan D3 Mba dan jurusan yang Mba ambil. FKM UI akan melihat transkrip mba dan setelahnya baru bisa ditentukan berapa banyak SKS yg harus diambil dan berapa lama waktu yang harus ditempuh. Sampai saat ini beasiswa bagi mahasiswa S1 Ekstensi masih jarang ditawarkan, berbeda dengan beasiswa bagi mahasiswa S1 Reguler yang jumlahnya cukup banyak dan besar. Ditunggu ya Mba Izzati di FKMUI ^_^

@Tri Mordianto
Aduh yang sudah UI minded…samma dooong hehehe
Terima kasih Mas Tri, didoakan saja supaya FKMUI bisa mengembangkan program-program studinya sehingga Mas Tri bisa balik lagi ke kampus ungu tercinta ^_^

21. riemz - January 2, 2009

jadi qlo mw ambil si gizi ui bsa lewat mana???simak ato smpb mba, mas????

fkmui - January 13, 2009

Bisa melalui dua-duanya

22. mood - January 10, 2009

kak,saiia dari sma5 kota bengkulu,
mauu nanya kak,,ntar klo ikt tes jrsn gizi niih dari mana iaa??
jlsin dund mbag?

fkmui - January 13, 2009

Mood, ujian jurusan gizi ini juga termasuk dalam SIMAK UI dan dilaksanakan pula di Bengkulu. Informasi detailnya bisa didapatkan di situs pendaftaran SIMAK UI, yaitu http://penerimaan.ui.edu mulai tanggal 19 Januari 2009. Silakan dilihat ya

23. Anggia - January 12, 2009

Lapangan pekerjaannya luas gk mas/mba?? Ada jaminan gak,kalau dah lulus min. S1 bs langsung kerja?

fkmui - January 13, 2009

Lapangan pekerjaan Insya Allah cukup luas untuk Sarjana Gizi seperti di lembaga-lembaga pemerintahan, LSM, swasta, dan lainnya

24. pani - January 13, 2009

kak aku mau tanya nie??
klo qta mau ambil gizi ui nanti nulis fkultasnya itu FKM ya ka??
truz kemungkinan peminat gizi ui itu banyak ya kak……
thanx before

25. yuta - January 16, 2009

bener ga si kaa fkm sama gizi mayoritas cewe?

fkmui - January 19, 2009

sampai saat ini memang lebih banyak mahasiswinya dibanding mahasiswanya untu PS Gizi ^_^

26. aZiza - January 22, 2009

Kira-kira tahun 2009,passing grade gizi brapa y?

27. auvi - January 22, 2009

klw passing gradenya FKM tahun ini brapa ya?
trz kira2 peminatnya banyak g?

28. fkmui - January 23, 2009

@Aziza & Auvi
Mohon maaf, kami tidak mengetahui tentang passing grade karena semua itu merupakan kewenangan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UI

29. Putri Harmiyantì - January 23, 2009

Saya pengen msk jrsan gizi UI,
Tp saya dari jrsan IPS, bs ga?
Apa saya hrs ikut tes simak ui dg IPC?
Tlng d. Jwb secepatnya ya d. Email saya
putri_luphy@yahoo.co.id

30. fkmui - January 27, 2009

FKM UI merupakan salah satu fakultas eksakta, jadi calon mahasiswanya harus lulusan IPA. Mata kuliah tahun pertamanya pun terdiri dari Matermatika, Fisika, Kimia, Biologi, dll

31. desi safitri - January 29, 2009

kalo untuk ekstensi FKM UI kira2 waktunya berapa tahun ya??
saya dari D3 Perumahsakitan FKUI, kira-kira kalo dari D3 itu wktu yg dibutuhkan untuk lulus ekstensi FKM UI itu berapa lama??
thx b4

32. fkmui - January 30, 2009

@ Desi
Mba Desi, mengenai lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan program ekstensi sangat tergantung kepada latar belakang D3 and peminatan S1 yang mba pilih. FKM UI nanti akan melihat transkrip mba dan menerapkan sistem waving, sehingga baru akan diketahui berapa SKS lagi yang harus mba ambil dan berapa semester yang harus ditempuh

33. habibie - February 2, 2009

Assalamualaikum. …
mo tanya, apa aja se yang dipelajari di gizi???
bagaimana dinamika kehidupan akademik disana??
lulusan gizi bisa kerja dimana aja dan sebagai apa aja??
Bedanya gizi sama kesmas apa???
punten infonya, saya masih bingung.. mksh.
Wassalamualaikum…

fkmui - February 5, 2009

@habibie
Wa’alaikumussalam Wr.Wb
Yang dipelajari di gizi tentu saja ilmu2 yang berhubungan dengan gizi dan lulusannya nanti diharapkan dapat bekerja di institusi pemerintah maupun swasta, LSM, dan industri. Gizi dan Kesmas sebenarnya masih berhubungan karena sebenarnya gizi meruapakan cabang ilmu kesmas. Di FKM UI untuk Program S1 Reguler terdapat 2 program studi: Gizi & Kesmas. Bila PS Gizi mengkhususkan mempelajari ilmu gizi sejak awal, mahasiswa PS Kesmas dapat memilih 1 jurusan dari 11 jurusan yang ditawarkan pada tahun ke-2

34. desi safitri - February 6, 2009

Saya dengar di FKM Ekstensi akan ditambah 4 pemintan lagi untuk tahun ini. Apa itu benar??Klo iya,apa saja 4 peminatan itu?

35. aquuu___ - February 14, 2009

saya kan mau masuk UI ngambil gizi,,kira” peminat gizi tahun sekarang berapa?

36. nana - February 15, 2009

daya tampung dan passing grade gizi dan kesehatan masyarakat?

37. fkmui - February 16, 2009

@desi:
rasanya tidak ada penambahan peminatan mba desi

@Aquu & Nana:
Peminat gizi kesmas tahun ini belum ketahuan karena masih dalam masa pendaftaran. Sedangkan daya tampung dan passing grade merupakan kewenangan UI

38. Fipa - February 18, 2009

Ass. Kapan pendaftaran kesehatan masyarakat ekstensi dibuka? Saya tinggal di palembang bolehkan saya daftar lewat kirim tanpa harus ke jakarta.

fkmui - February 20, 2009

@Fipa:
pendaftaran ekstensi dibuka pada tanggal 4 Mei – 4 Juli 2009 secara online di http://penerimaan.ui.ac.id
dengan demikian Fipa tidak perlu datang ke jakarta

39. rohmat - February 22, 2009

aww,, met pagi mau nanya neh ttg inform ekstensi

saya mhs D3 Agro FTP!!!
syarat2 dan biaya masuk ekstensi Ilmu Gizi brp ya? ato bisa diakses dengan alamat apa ya? maakasih

fkmui - February 25, 2009

@Rohmat: silakan buka page PENDAFTARAN di situs ini

40. rozy - March 29, 2009

kalo pengen masuk dari D3 gizi bisa g?
brapa uang kulnya?

fkmui - April 8, 2009

tentu saja bisa.
uang perkuliahan di awal semester 1 sebesar Rp 10.700.000
sedangkan semester 2 dst Rp 5.100.000/semester

41. nirmala - April 27, 2009

Apa beda antara S.Gz dari UI dengan S.Gz dari UGM yah?

fkmui - April 30, 2009

@Nirmala:
silakan dipelajari program yang ditawarkan oleh kedua universitas tersebut lalu kemudian anda tentukan perbedaannya ^_^

42. desty - May 27, 2009

saya dari d3 poltekkes bandung…
mm, kira2 bisa gag yah lanjutin kuliah s1 saya di ilmu gizi UI…
soalnya, saya bingung mau lanjutkan kemana…

kira2 biaya untuk ekstensi d3 ke s1 nya berapa? dan syarat apa lagi yang harus saya penuhi..

trims

fkmui - May 27, 2009

@Desty:
Tentu saja bisa. Untuk melihat biaya dan persayaratn silakan klik http://penerimaan.ui.ac.id

43. Aditya - June 21, 2009

Saya mahasiswa STIKes A. Yani
saya dari jurusan S1 Kesehatan Masyarakat semester 2…
Jika saya ingin pindah harus ngulang dari awal atau meneruskan pendidikan???
Trim’s…

fkmui - June 22, 2009

@Aditya:
Adit mahasiswa S1 Reguler atau Ekstensi? FKM UI tidak menerima mahasiswa pindahan, jadi adit harus mengikuti ujian seleksi masuk terlebih dahulu. Perkuliahan akan mengulang dari awal tapi beberapa mata kuliah yang sama dapat dikonversi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di FKM UI.

44. nahsty - June 27, 2009

Mau tanya, aku lulusan D3 Gizi.
Kalo melanjut ke S1 Ekstensi FKM prodi Gizi, lulus dapat gelar S.Gz atau S.KM?
Trus kalo masalah jam belajar seperti apa?
Kira2 kalo sambil kerja bisa atau tidak?
Trims ya sebelumnya

fkmui - June 29, 2009

@nahsty:
Untuk Program S1 Ekstensi Gizi, gelar yang akan didapatkan mahasiswa ketika lulus adalah SKM. Gelar S.Gz pada saat ini hanya diberikan kepada mahasiswa Sarjana Gizi reguler (masuk melalui jalur SNMPTN dan yang sejenis).
S1 Ekstensi Gizi waktu perkuliahannya ada yang kelas reguler (setiap hari) ada pula yang kelas khusus (Jumat & Sabtu).


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: